Penemuan Peta Desa Gunungtawang Era Pemerintah Kolonial Hindia Belanda

30 Agustus 2023
Ahmad Mu'tasim
Dibaca 356 Kali
Penemuan Peta Desa Gunungtawang Era Pemerintah Kolonial Hindia Belanda

Gunungtawang - TIM PPID Desa Gunungtawang yang dipimpin oleh Ahmad Mu'tasim berhasil menemukan Peta Desa Gunungtawang Era Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda. Peta ini ditemukan saat TIM PPID sedang menelusuri website Universitas Leiden Belanda. Universitas Leiden diketahui menyimpan arsip kolonial Hindia Belanda terbanyak. Penelusuran mempunyai tantangan tersendiri, dikarenakan membutukan sedikit pemahaman kosakata dalam bahasa Belanda dan pengetahuan tentang Kode peta.

Peta1906 Gambar: Peta Desa Gunungtawang yang dibuat oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda tahun 1897 - 1902 dan diterbitkan oleh universiteitleiden.nl

Dalam temuan peta ini ditemukan bukti bahwa Dusun Gunungtawang Desa Gunungtawang dan Dusun Tawangsari Desa Krasak dulunya merupakan satu kesatuan. Selama ini informasi tentang sejarah Desa Gunungtawang terbatas hanya secara lisan. Namun dengan adanya temuan peta ini, maka Pemerintah Desa Gunungtawang mempunyai data dukung otentik tentang sejarah Desa Gunungtawang.

Foto Desa Gunungtawang dari Lokasi Cumbring 
Foto: Pemandangan Desa Gunungtawang diambil dari cumbring dibuat oleh Circa tahun 1910 dan diterbitkan oleh universiteitleiden.nl

Selain temuan Peta, TIM PPID Desa Gunungtawang juga menemukan foto dokumentasi rel kereta api yang melintas di Desa Gunungtawang. Masih dimungkinkan terdapat arsip sejarah era pemerintahan kolonial Hindia-Belanda yang terselip informasi tentang Desa Gunungtawang.

TIM PPID Desa Gunungtawang terus berusaha menggali sejarah Desa Gunungtawang. Karena dengan semakin banyaknya bukti-bukti sejarah yang otentik, menjadikan pemahaman kita tentang sejarah semakin baik.