Persiapan Penerapan Tanda Tangan Elektronik Dalam Pelayanan Desa

26 Mei 2023
Ahmad Mu'tasim
Dibaca 65 Kali
Persiapan Penerapan Tanda Tangan Elektronik Dalam Pelayanan Desa

Gunungtawang - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mulai di terapkan di pemerintah desa Gunungtawang,  dengan di dampingi dan difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) kabupaten wonosobo, pemerintah desa Gunungtawang sedang proses  penerapkan penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE). BSrE merupakan unit pelaksana teknis di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dalam UU ITE, tanda tangan elektronik didefinisikan sebagai tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi. Artinya, setiap metode dan format tanda tangan elektronik dapat diakui secara hukum.

Dalam hal transformasi digitalisasi desa, Diskominfo kabupaten wonosobo sangat menyambut baik dan sangat mendukung, demi untuk kemajuan desa. Diskominfo kabupaten wonosobo juga berharap bahwa nantinya desa dapat memanfaatkan kemajuan tekhnologi untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di desa.